Manto Djorghi

Kastara.ID, Depok – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menargetkan sebanyak 1.834 titik wifi terpasang sampai tahun 2023. Hingga 2021, wifi yang sudah terpasang ada 1.586 titik.

“Saat ini sudah terpasang 1.586 titik wifi. Targetnya 1.834 titik sampai tahun 2023, namun akan kami kejar di tahun ini, mudah-mudahan dapat terealisasi,” ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto di ruang kerjanya, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (9/3).

Dikatakannya, wifi yang dimaksud yaitu wifi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau RW Net yang digunakan siswa melakukan PJJ. Penyediaan wifi ini guna membantu siswa mendapatkan jaringan internet yang layak.

“Biasanya kami letakan di balai RW maupun ruang pertemuan warga. Untuk kecepatannya mencapai up 30 Mbps,” terangnya.

Manto menambahkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pemasangan wifi publik yang tersebar di sejumlah fasilitas umum. Seperti taman, lapangan, balai warga, Posyandu, Masjid, dan lokasi lainnya.

Lanjut Manto, untuk wifi publik memiliki kecepatan up 100 Mbps. Sampai tahun 2021 ada 98 titik sebaran lokasi, dengan akses point/perangkat wifi terpasang sebanyak 135 titik.

“Ada yang 1 lokasi, 2 sampai 3 titik akses point, tergantung luasan. Mudah-mudahan kami bisa terus melayani masyarakat melalui fasilitas wifi ini,” tutupnya. (dha)