Bus Listrik Transjakarta

Kastara.ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan sebanyak 100 bus listrik akan beroperasi di semua koridor tahun ini.

Direktur Utama PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya mengatakan, hari ini diluncurkan 30 armada bus listrik ini melayani empat rute non-BRT, yaitu Senen-Bundaran Senayan (1P), Tanah Abang-Terminal Senen (1R), Blok M-Tanah Abang (1N) dan rute Ragunan-Blok M (6N).

“Ini merupakan bagian dariĀ piloting yang sedang kami kerjakan. Harapannya, di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi dengan tenaga listrik,” ujarnya (8/3).

Yana menjelaskan, selain mengurangi gas buang hingga 50,3 persen armada bus listrik juga dapat menurunkan polusi suara, karena bus listrik ini menghasilkan suara 28 persen lebih rendah dibanding kendaraan armada konvensional.

“Armada bus listrik Transjakarta memiliki kapasitas baterai sebesar 324 KwH dengan jarak tempuh hingga 250 kilometer atau 17 jam beroperasi,” terangnya.

Ia menambahkan, armada bus listrik Transjakarta memiliki proses pengisian daya dengan waktu yang cepat, yakni selama 1,5 jam.

“Semua merek bus listrik yang digunakan Transjakarta sudah dilakukan uji kelolosan untuk semua kriteria,” tandasnya. (hop)