Kampung Mampangan

Kastara.ID, Depok – Warga Kampung Mampangan, RW 09, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji, sangat antusias membuat lubang biopori. Untuk tahap awal, empat RT di wilayahnya akan membuat masing-masing lima lubang biopori.

Ketua RW 09 Andri Yudisprana mengatakan, pembuatan lubang biopori ini dilakukan secara swadaya. Pihaknya membuat lubang biopori dengan peralatan sederhana dan dimodifikasi.

“Hari ini kami buat 20 lubang untuk empat RT dulu. Kita mencari lokasi-lokasi yang memang tepat untuk dibuat lubang biopori. Kami membuat sendiri alat dan bahan, ada beberapa modifikasi namun tidak mengurangi fungsinya, seperti penutup yang kami ganti dengan kawat,” katanyaseperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (8/4).

Lanjut dia, ke depan, pembuatan lubang biopori akan semakin diperbanyak. Mengingat, pembuatan lubang biopori ini bermanfaat bagi lingkungan padat salah satunya wilayah RW 09.

“Kami bersama para pemuda serta semua elemen masyarakat semangat dan antusias dalam upaya membuat lingkungan nyaman,” tutupnya. (dha)