Juanda

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, membentuk Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dibentuknya kelompok ini untuk menciptakan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Lurah Curug Juanda menjelaskan, langkah ini dimaksudkan agar warga di wilayahnya dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah menjadi tempat pengembangan komoditi pertanian yang bersifat lestari dan berkelanjutan. Seperti alpukat, durian, tanaman obat, hingga budidaya ikan konsumsi.

“Jadi, selain memiliki ketahanan pangan, konsumsi pangan dan gizi masyarakat juga dapat terpenuhi,” ujarnya yang diwartakan situs resmi Pemkot Depok, Jumat (9/4).

Dirinya mengatakan, KRPL dibentuk di RW 07 dan akan dikerjakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah tersebut. Pihaknya juga menyerahkan bantuan beberapa jenis komoditi.

“Kami menyerahkan 60 batang bibit pohon alpukat, 60 bibit mangga gincu, 60 bibit durian montong, ribuan bibit ikan konsumsi, dan berbagai jenis tanaman obat,” katanya.

Dirinya berharap, dengan terbentuknya KRPL ini dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar. Termasuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Semoga bisa menciptakan lingkungan yang lestari, pangan yang mencukupi, dan gizi seimbang,” tandasnya. (dha)