Kastara.ID, Tavullia – Legenda MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, telah ditunjuk secara resmi oleh pemerintah setempat, sebagai pemegang kunci Kota Tavullia.

Berkat kesuksesan luar biasa Rossi di MotoGP, kota Tavullia menjadi terkenal di seluruh dunia, ditandai sebagai salah satu kota penting dalam hal balap motor.

Peresmian acara ini akan berlangsung pada 19 Mei mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Tavullia, Francesco Paolucci, yang sangat berterima kasih atas jasa besar Rossi, membuat kampung halamannya menjadi terkenal.

“Terima kasih Valentino!! Untuk memberi kami emosi yang tak terlukiskan selama lebih dari 25 tahun karir Anda, untuk membawa jutaan orang lebih dekat ke olahraga yang luar biasa seperti balap motor, untuk membuat kami semakin bangga menjadi orang Italia dan membawa nama Tavullia ke seluruh dunia. Untuk ini dan banyak alasan lainnya, kami telah memutuskan, bersama dengan Wilayah Marche, untuk berterima kasih kepada Anda dengan upacara resmi yang akan diadakan pada 19 Mei di negara Anda. Selama #TavulliaVale, bersama banyak teman, kami akan memberimu kunci kota. Ini akan menjadi pelukan virtual komunitas Anda dan jutaan penggemar di seluruh dunia,” demikian bunyi pengumuman resmi, seperti dilansir Crash.net.

Rossi sendiri sudah pensiun dari MotoGP pada akhir 2021 yang lalu. Tapi bendera VR46 tetap berkibar di Grand Prix.

Hanya beberapa hari yang lalu tim MotoGP Rossi, Mooney VR46, berhasil memenangkan balapan kelas utama untuk pertama kalinya, lewat Marco Bezzecchi, lulusan akademi sang legenda.

Musim sebelumnya pada 2022. Akademi VR46 menobatkan juara MotoGP pertamanya melalui Francesco Bagnaia, yang meriah gelar juara dunia bersama tim pabrikan Ducati Lenovo. (tra)