Gerbang Tol Cikampek

Kastara.ID, Jakarta – Skema rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dan ganjil genap selama arus balik mudik Lebaran mulai dari Tol Kalikangkung sampai Jakarta-Cikampek resmi berakhir.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyatakan, arus lalu lintas kendaraan pasca arus balik mudik berjalan dengan lancar.

“Kami menyelesaikan dan menutup penerapan one way dan ganjil genap yang sudah kami terapkan sebelumnya,” kata Firman di KM 29 tol Jakarta-Cikampek, Senin (9/5).

Firman menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif selama arus mudik dan balik Lebaran. Peran aktif masyarakat membantu dalam kesuksesan arus mudik dan balik dalam rangka Operasi Ketupat.

“Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini karena peran seluruh masyarakat yang memberikan masukan kepada kami selama melayani operasi ini,” sambungnya.

Lanjut Firman, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan sebanyak 31 persen. Persentase ini didapatkan dari hasil perbandingan dengan data arus mudik dan balik Lebaran 2019 dan sebelum pandemi Covid-19.

“Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covid-nya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta,” tukas Firman. (ant)