Cipali

Kastara.ID, Jakarta – Skema rekayasa lalu lintas selama arus balik mudik Lebaran 2022 seperti one way, contraflow, dan ganjil genap (gage) resmi berakhir pada Senin (9/5) dini hari.

“Seluruh rekayasa lalu lintas, baik one way maupun contraflow telah diakhiri,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (9/5).

Lanjut Sambodo, arus kendaraan pasca berakhirnya skema rekayasa lalu lintas arus balik kembali berjalan normal. Arus kendaraan yang menuju arah Cikampek dari Jakarta atau sebaliknya ramai lancar.

“Lalu lintas berjalan normal dari Jakarta ke Cikampek dan sebaliknya Cikampek ke Jakarta,” jelasnya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, kesuksesan skema rekayasa lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran ini tak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif masyarakat.

Lanjut Firman, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 juga mengalami penurunan sebanyak 31 persen. Persentase ini didapatkan dari hasil perbandingan dengan data arus mudik dan balik Lebaran 2019 dan sebelum pandemi Covid-19.

“Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta,” tukas Firman. (ant)