Dinkes Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Webinar dengan mengangkat tema Penguatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Ovarium, Kamis (9/6). Kegiatan tersebut diikuti oleh Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) se-Kota Depok, penanggung jawab program IVA Puskesmas se-Kota Depok, serta kader Posyandu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, webinar ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap bahaya kanker. Pasalnya saat ini cakupan deteksi dini terhadap kanker payudara dan leher rahim masih sangat rendah.

“Ini kami lakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya kanker,” tuturnya saat memberikan sambutan seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (9/6).

Dikatakan Umi, kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di dunia. Hampir 70 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Sesungguhnya kematian akibat kanker dapat dicegah dengan cara menghindari faktor risiko dan deteksi dini secara berkala,” tambahnya.

Untuk diketahui, Dinkes menghadirkan narasumber profesional di bidangnya yaitu Dokter Spesialis Obgyn dan Dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rangga Mainanda. (dha)