Huawei Cloud

Kastara.ID, Jakarta – Huawei Global Intelligent Finance Summit (HiFS) berlangsung di Shanghai, 7-8 Juni lalu, dengan tema “Navigate Change, Shaping Smarter Finance Together”. Di acara ini, Zhang Ping‘an, Executive Director, Huawei, dan CEO, Huawei Cloud, meluncurkan Huawei Cloud Data Warehouse 3. secara global.

Huawei Cloud GaussDB (DWS) adalah all-scenario cloud data warehouse generasi baru. Lebih lagi, Huawei Cloud GaussDB (DWS) meningkatkan kapabilitas serverless cloud native, menyederhanakan arsitektur TI, membantu setiap orang menggunakan dan menganalisis data, serta mengeksplorasi skenario bisnis baru.

Teknologi cloud telah berkembang pesat sejak dekade lalu, termasuk data warehouse, container, dan microservice. Maka, cloud native telah menjadi tren. Huawei Cloud GaussDB (DWS) memakai arsitektur yang memisahkan penyimpanan data, komputasi, dan manajemen. Berdasarkan kapabilitas cloud native, sarana komputasi dan penyimpanan data dapat dikembangkan skalanya secara independen demi memenuhi kebutuhan bisnis, menjamin stabilitas layanan saat beban kerja mencapai puncaknya. Teknologi distributed processing Huawei Cloud juga membantu pengguna menjalankan tugas analisis data pada node terdekat, serta cepat merespons pemrosesan data.

Huawei Cloud GaussDB (DWS) sangat meningkatkan kinerja. Selain fitur node-level parallel processing yang marak ditemui, solusi ini mendukung parallel processing pada level operator dan instruksi. Hasilnya, pemrosesan data berlangsung lebih cepat sehingga perusahaan finansial mampu menyediakan laporan yang diminta pihak regulator secara tepat waktu.

Agar bank dapat menangani skenario analisis yang kian beragam di era data intelligenceHuawei Cloud menyediakan solusi lakehouse integration. Maka, cloud native data lake GaussDB(DWS) dan MapReduce Service (MRS) saling terkoneksi, mendukung banyak tipe data, serta memfasilitasi semakin banyak data fleksibel mengakses aturan. Berkat warehouse dan data lake yang terintegrasi pada arsitektur yang sama, perusahaan dapat mengeksplorasi kegunaan data dengan lebih baik.

Inilah era ekonomi digital. Tepatnya, ketika big data dan AI sangat terintegrasi sehingga mempercepat pemutakhiran digital di berbagai industri. Huawei Cloud GaussDB (DWS) menyediakan pengumpulan, pemrosesan, manajemen, analisis, dan visualisasi data. Kolaborasi efisien antara data dan lini produksi AI merealisasikan batch production dan implementasi cepat. AI pun meningkatkan kapabilitas dalam memproses data heterogen, serta sangat terintegrasi dengan skenario aplikasi untuk melakukan analisis data pintar, seperti prediksi, pengambilan keputusan, dan identifikasi.

Di acara yang berlangsung pada 7 Juni sore hari, William DongPresident, Huawei Cloud Marketing, resmi memperkenalkan versi terbaru GaussDB (DWS) lewat paparan yang berjudul “Huawei Cloud: Leading Cloud Native for Agile and Smart Finance”.

Bagi bank dan lembaga finansial lain, efisiensi penggunaan dan pengembangan data sangat berperan dalam aktivitas operasional. Maka Huawei Cloud GaussDB (DWS) berorientasi pada kebutuhan klien. Kapabilitasnya juga telah teruji dalam proyek yang digarap banyak bank besar yang memiliki standar tinggi dan bisnis berskala luas. Hingga kini, 10 bank terbesar di Tiongkok, termasuk China Merchants Bank (CMB) dan Bank of Communications (BOC), telah memilih Huawei Cloud GaussDB(DWS).

GaussDB(DWS) memiliki kapabilitas migrasi yang baik. Pada CMB dan BOC, solusi ini memindahkan beban kerja bank dari Teradata. Sementara pada Guangfa Bank (CGB), GaussDB(DWS) memindahkan beban kerja dari Oracle Exadata. Pada China Everbright Bank, GaussDB(DWS) memindahkan beban kerja dari berbagai produk, seperti Greenplum dan Teradata, agar data tersentralisasi pada seluruh bank.

GaussDB(DWS) juga menjamin aspek keamanan optimal. Solusi ini merupakan satu-satunya data warehouse yang berhasil meraih sertifikasi keamanan “Common Criteria” di Tiongkok. Lebih lagi, GaussDB(DWS) memimpin segmen pasar data warehouse. Pada September 2022Huawei Cloud, bersama Financial Information & Technology Institute (FITI), lebih dari 10 bank terbesar, serta mitra meluncurkan “Financial Data Warehouse White Paper” guna memfasilitasi pengembangan aplikasi data finansial.

Berdasarkan perkembangan tersebut, data warehouse memegang peranan penting dalam ekonomi digital. GaussDB(DWS) telah menghimpun keahlian teknis selama 10 tahun dan praktik lintasdomain yang luas. GaussDB(DWS) akan terus berkembang dan menerapkan teknologi data warehouse, membangun pondasi yang baik bagi klien, serta membantu kalangan perusahaan merealisasikan potensi aset data. (rfr)