Petugas Haji

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 370 petugas haji Indonesia kembali diberangkatkan ke Arab Saudi, Selasa (9/7) pagi ini. “Ini adalah gelombang I petugas Daker Makkah. Mereka akan diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 980, pukul 11.00 WIB,” kata Dirbina Haji Khoirizi H. Dasir, sebelum melepas keberangkatan petugas di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Petugas yang diberangkatkan terdiri dari 323 orang dari unsur Kemenag dan instansi terkait (masyarat, TNI, Polri), serta 47 orang dari unsur Kemenkes. Mereka akan bertugas di Kantor Daker, 11 sektor yang ada di Mekkah, satu sektor khusus Masjidil Haram, serta Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Sebelumnya, pada Senin (8/7) malam, para petugas telah mendapatkan pembekalan akhir dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali. Pada kesempatan tersebut, Dirjen PHU menyampaikan empat hal. “Pertama terima kasih kepada teman-teman petugas karena kesediaan membantu negara dalam melayani jemaah haji,” ujar Nizar.

Kedua, Nizar meminta petugas untuk dapat menjaga kesehatan. “Karena tugas ini terasa berat kalo tidak didukung dengan kesehatan yang prima karena itu jaga kesehatan sebagai prioritas utama,” ujarnya.

“Ketiga, jaga hati kalau melayani tanpa menjaga hati tentu akan terjadi komunikasi yang tidak sehat agar terjaga emosional, dan seterusnya,” ujar  Nizar.

Keempat, Nizar meminta petugas untuk menjaga nama baik Indonesia dengan cara mempertahankan akhlak yang baik. “Jaga Indonesia. Kita adalah duta bangsa yang ada di tanah suci, karena itu segala perilaku tindakan, akhlak, harus sesuai dengan perilaku dan tradisi yang berkembang di tanah air,” pesan Nizar. (put)