Categories: Berita

Alumni IPDN Diimbau Berkarir di Kecamatan

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memulai karier mereka di tingkat kecamatan.

“Lulusan IPDN akan mendapat penempatan kerja secara acak. Mayoritas di Kecamatan. Pak Rektor sudah mulai menyiapkan dengan detail sampai ke kelurahan dan desa,” kata Tjahjo dalam keterangan persnya (8/8).

Mendagri berharap agar para pamong praja muda dapat mengawali karirnya dan bekerja dengan konsentrasi penuh pada tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Menurut Mendagri, langkah awal yang dilakukan, yaitu dengan menugaskan seluruh pamong praja muda lulusan IPDN, terutama yang telah diwisuda ini ke seluruh kecamatan di Indonesia. “Kali ini seluruh lulusan IPDN harus siap ditugaskan di seluruh kecamatan di Indonesia,” ujarnya.

Mendagri mengatakan wisudawan/i yang berjumlah 2.143 orang ini sudah melalui proses pendidikan, termasuk mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di tengah-tengah masyarakat daerah. Sehingga tahun depan mereka mampu menjadi aparatur daerah yang baik.

Para praja IPDN diyakini telah memiliki setidaknya triple competency knowledge, yaitu kompetensi teoritik ilmu pemerintahan, kompetensi empirik, dan kompetensi legalistik. “Ketiga komptensi tersebut ditanamkan melalui proses pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan (jarlatsuh), termasuk di dalamnya melalui proses semangat revolusi,” katanya. (raf)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…