Haornas

Kastara.ID, Jakarta – Bibit unggul atlet di bidang olahraga menjadi perhatian Presiden Jokowi di Hari Olahraga Nasional (Haornas). Jokowi meyakini, Indonesia memiliki potensi bibit unggul atlet. Hal itu terbukti dari ukiran prestasi selama kejuaraan pesta olahraga dunia di Olimpiade Tokyo.

“Indonesia berpotensi besar mendulang medali olimpiade. Kita memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga. Bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung dan senam artistik, serta dua cabang lain yang perlu dipersiapkan dengan baik yaitu pencak silat dan wushu,” ucap Jokowi terkait Hari Olahraga Nasional ke-38, Kamis (9/9).

Kejuaraan Olimpiade di Tokyo menjadi kebanggaan Jokowi dengan meraih sejumlah medali yang mampu mengibarkan bendera merah putih di kancah bergengsi itu. Hal ini diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

“Pencapaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa bukan hanya membuat kita semua bangga tapi juga memacu lahirnya prestasi olahraga lebih gemilang di masa yang akan datang,” ujarnya.

Jokowi meyakini, prestasi tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan oleh sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan. Dia meminta semua pihak fokus bekerja untuk mencetak talenta hebat di bidang olahraga agar semakin banyak yang unggul berprestasi.

“Mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, berpotensi besar mendulang medali olimpiade. Saya ajak semua pemangku kepentingan bersinergi, menciptakan industri olahraga yang semakin modern, menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga yamg sehat dan memacu prestasi,” tandas Jokowi. (ant)