Sosialisasi Buku KIA

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak lintas sektor berkontribusi aktif mendukung pemanfaatan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Terutama bagi petugas kesehatan, kader Posyandu, serta rumah sakit (RS) yang memberikan pelayanan untuk ibu dan anak.

“Buku KIA ini digunakan untuk mencatat status kesehatan ibu dan anak saat mereka melakukan pelayanan posyandu maupun imunisasi,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah saat memberikan paparan pada kegiatanSosialisasi buku KIA secara virtual yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (9/8).

Menurut Zakiah, kader dan petugas kesehatan wajib mengetahui dan membaca buku KIA. Kemudian, menggunakan buku itu untuk mencatat perkembangan ibu hamil dan balita. Hasil penimbangan berat badan balita setiap bulannya diisi secara lengkap dalam grafik Kartu Menuju Sehat (KMS) pada buku KIA.

“Rumah sakit juga dapat mengacu pada buku KIA untuk memantau perkembangan ibu hamil dan balita,” tambahnya.

Ia menambahkan, sebagai rencana tindak lanjut, Dinkes Depok akan melakukan monitoring dan evaluasi pemanfaatan buku KIA di tingkat Kota Depok. Selain itu juga akan mendistribusikan buku KIA ke lintas sektor yang membutuhkan. (dha)