Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangandaran, Kelautan dan Pertanian (KPKP) serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melakukan penanaman pohon di Botanical Garden, Kalideres, Jakarta Barat.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa bulan November sudah memasuki musim hujan.

“Sehingga saat ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan penanaman,” ujarnya, Kamis (9/11).

Ia menjelaskan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono telah menginisiasi Gerakan Jakarta Menanam untuk menjaga ketahanan pangan di Jakarta.

“Program ini juga disinergikan dengan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan,” terangnya.

Menurut Eli, hasil dari aksi penanaman yang dilakukan nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta.

“Ketersediaan sayur dan buah ini bisa menjadi sumber gizi untuk mengatasi persoalan stunting,” imbuhnya.

Dalam aksi menanam hari ini, lanjut Eli, Dinas KPKP turut memberikan bantuan bibit untuk ditanam secara simbolis dan pendampingan pelaksanaan penanaman di beberapa titik lokasi seperti di RPTRA Payung Tunas Teratai, Jakarta Timur; Jalan Cikini Raya, Nomor: 73, Jakarta Pusat; MTSN 2 Jagakarsa, Jakarta Selatan; Kebun BPP Kembangan, Jakarta Barat; dan Urban Farming Kapuk Grisenda, Jakarta Utara.

“Khusus di Botanical Kamal Garden, Dinas KPKP juga telah memberikan paket mesin pompa air untuk perawatan tanaman,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penanaman di area Botanical Garden Jakarta Barat seluas 22.278 meter persegi merupakan contoh sinergisitas Pemprov DKI bersama masyarakat memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam aneka tanaman buah buahan, sayuran, umbi-umbian, dan tanaman obat keluarga (Toga).

“Jakarta sangat mendukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan seperti disampaikan Wakil Presiden RI bersama Panglima TNI pada HUT ke-78 TNI,” bebernya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Panglima Kostrad beserta jajaran yang telah memberikan kurang lebih 3.000 bibit tanaman buah buahan antara lain mangga, sawo kecik, serta alpukat hingga tanaman sayuran seperti cabai dan terong kepada masyarakat DKI Jakarta untuk ditanam di beberapa lokasi.

“Lokasi penanaman antara lain di lahan Rusun, fasum fasos, sekolah, RPTRA, pesantren dan lahan lainnya, seperti yang kita lakukan pada hari ini di Botanical Kamal Garden. Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada OPD terkait dan warga setempat,” ucapnya.

Sementara Panglima Kostrad, Letjen Maruli Simanjuntak menuturkan, kegiatan hari ini mengusung tema, “Aksi Ijo Baret Hijau”.

“Kami ingin ikut berkontribusi menghijaukan dan menjaga ketahanan pangan di Jakarta. Turut hadir dalam kegiatan hari ini, perwakilan dari Dinas KPKP; Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Bayu Meghantara serta Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto,” tandasnya. (hop)