KOICA (Korea International Cooperation Agency)

Kastara.ID, Jakarta – Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Taruna Jaya 1 dan PSBR Taruna Jaya 2 di Tebet, Jakarta Selatan menerima bantuan dari KOICA (Korea International Cooperation Agency) melalui program Africa-Asia Development Relief Foundation (ADRF) Dream Center.

Bantuan yang diberikan berupa alat pencegahan dan perlindungan diri, multivitamin, dan perlengkapan sandang. Serah terima bantuan dilakukan oleh Perwakilan Dream Center Nurul Hafidzha Lubis kepada Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah di Aula PSBR Taruna Jaya 1, Tebet, Jakarta Selatan (8/12).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh KOICA melalui ADRF Dream Center ini. Bantuan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Sosial DKI Jakarta dengan KOICA dalam hal penanganan Covid-19 di lingkungan panti.

“Ini sebuah bentuk rasa empati dan mengasihi kepada sesama, terlebih di masa pandemi saat ini. Bantuan jangan dilihat dari sisi nilainya, tapi dari nilai perhatiannya yang luar biasa. KOICA ini memberi bantuan, sesuai dengan kebutuhan,” ujar Irmansyah.

Irmansyah mengungkapkan, kerja sama Dinas Sosial DKI Jakarta dengan KOICA melalui ADRF Dream Center sudah berlangsung sejak tahun 2015. Berbagai bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara keduanya yakni pelatihan dan peningkatan keterampilan, bantuan alat-alat yang digunakan latihan oleh warga binaan panti sosial.

“Insya Allah di tahun-tahun berikutnya sebagai bagian dari kolaborasi ada beberapa peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di panti-panti sosial secara khusus memang di PSBR Taruna Jaya ini,” kata Irmansyah.

Perwakilan Dream Center, Nurul Hafidzha Lubis mengatakan, kegiatan donasi ini sudah terlaksana sejak Juni 2020 dengan beberapa tahapan penyaluran.

“Teman-teman di panti sosial mengalami kendala di mana kita sebagai partner yang bekerja sama ini sebagai langkah gotong royong dalam mengatasi pandemi tersebut,” ungkap Fiza.

Untuk diketahui, bentuk bantuan yang diberikan berupa alat pencegahan dan perlindungan diri seperti 12 unit pressure sprayer, 28 boks masker disposable 28, 1.000 lembar masker kain, 370 unit faceshield, 20 boks sarung tangan latex, 320 liter hand sanitizer, 1.000 liter sabun cuci tangan, 530 liter cairan disinfektan, tiga unit thermogun, 215 rompi kerja, 220 strip multivitamin, dan paracetamol dan obat lainnya sebanyak 200 strip.

Untuk perlengkapan sandang terdiri dari 320 lembar baju batik, sandal 220 pasang, 110 ikat pinggang, 110 pakaian olahraga, 200 lembar kaos oblong polos, dan 520 unit aksesoris lainnya. (hop)