HPN

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 yang digelar oleh insan media, bertempat di Auditorium Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan.

Ia berharap dunia pers di Indonesia maupun di Kota Jakarta dapat terus menjaga eksistensinya secara profesional sekaligus memberikan informasi yang bermanfaat dan kontribusi positif untuk masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2022. Semoga dunia pers Indonesia semakin baik dan maju, serta mampu terus menjaga eksistensinya sekaligus memberikan manfaatnya kepada masyarakat secara profesional, merdeka, unggul dan berdaulat,” ucap Wagub Ariza dalam sambutannya, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Rabu (9/2).

Wagub Ariza berharap dunia jurnalistik di Indonesia, termasuk di Kota Jakarta mampu mempertahankan dan meningkatkan prinsip dan praktik jurnalistik yang selama ini sudah diterapkan yaitu dengan menghasilkan berita-berita yang berkualitas melalui proses jurnalistik yang ketat. Sehingga pers tetap bisa menjadi lokomotif perubahan bangsa.

“Momentum perayaan Hari Pers Nasional alangkah lebih baiknya jika kita isi dengan merenungi dan merefleksikan apa dan ke mana dunia jurnalistik di era digital yang saat ini benar-benar telah mengalami guncangan perubahan yang dahyat. Perkembangan teknologi secara langsung harus diakui telah membawa pengaruh yang penting pada pergeseran medium berkomunikasi sekaligus kultur berkomunikasi masyarakat,” terangnya.

“Jika sebelumnya, medium komunikasi didominasi oleh media konvensional (cetak, televisi dan radio), maka seiring berjalannya waktu telah merambah ke medium internet dan kini masuk pada media sosial yang kemudian melahirkan tren baru dalam proses komunikasi massa,” tambah Wagub Ariza.

Fenomena ini tentu merupakan dinamika sekaligus tantangan yang menarik bagi insan media untuk tetap bisa eksis dan bertahan di tengah-tengah dunia yang bergerak cepat ini. Era digital harus diakui dampaknya begitu luar biasa, khususnya bagi dunia jurnalistik, perusahaan media tradisional dan insan media.

“Kita semua bisa merasakan itu, dunia saat ini sedang berubah. Dan dunia jurnalistik seperti hilang ditelan gegap gempita ‘euforia’ itu, baik itu media sosial maupun kemungkinan hadirnya metaverse, dan lain-lain. Ditambah lagi dengan hadirnya banyak berita palsu (hoax) dan bias yang memperburuk citra media, maka dunia media pun berada dalam keadaan krisis,” ungkap Wagub Ariza.

Untuk itu, dalam momentum perayaan HPN tahun 2022 dengan tema ‘Jurnalis Profesional, Merdeka, Unggul dan Berdaulat’ ini, Wagub Ariza berharap kepada para insan media yang hadir, khususnya dari Jurnal Wicaksana Group dan Universitas Trilogi ini, agar terus bergerak dan bersemangat menjalankan idealisme pers dan roda organisasinya. (hop)