NTT

Kastara.ID, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia/PELNI (Persero) sebagai perusahaan pelayaran dan logistik maritim menyediakan dua armada kapal penumpang, KM Awu dan KM Egon untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan dapat datang ke Posko Bantuan Bencana di Kantor Cabang Pelni Surabaya paling lambat tiga jam sebelum KM Egon diberangkatkan pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 20.00 WIB.

Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Kepala Kesekretariatan Perusahaan Opik Taupik menyampaikan, pihaknya mengajak seluruh perusahaan BUMN, swasta, maupun organisasi kemasyarakatan untuk dapat memanfaatkan armada kapal Pelni dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan. Kedua kapal tersebut akan mengangkut bantuan dengan titik keberangkatan dari Surabaya menuju Waingapu dan Kupang, NTT.

“Untuk pengangkutan barang bantuan pertama, perusahaan akan memberangkatkan KM Egon pada Sabtu (10/4/2021) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Selasa (13/4/2021),” jelasnya melalui keterangan tertulisnya pada Sabtu (10/4).

Untuk kapal kedua, KM Awu dijadwalkan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Senin (12/4) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Kamis (15/4) dan tiba di Pelabuhan Kupang pada Jumat (16/4).

Opik Taupik menambahkan, dalam pengiriman bantuan kemanusiaan, armada kapal tersebut telah dipersiapkan untuk membawa sembako, barang keperluan sehari-hari, kendaraan, hingga relawan/tenaga medis.

“KM Egon merupakan kapal jenis Ro-Ro dengan kapasitas 500 pax. Kapal tersebut mampu mengangkut penumpang, muatan barang, hingga kendaraan bermotor. Kami sangat berharap segenap lapisan masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat meringankan penderitaan saudara kita di daerah terdampak bencana,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa selain mengerahkan dua kapal Pelni untuk mengangkut bantuan bencana ke wilayah NTT, PT Pelni (Persero) juga menyalurkan bantuannya kepada para korban yang terdampak senilai Rp 100 Juta sebagai bentuk kepedulian perusahaan. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk barang yang akan diangkut dengan KM Egon yang akan diberangkatkan dari Surabaya pada Sabtu (10/4).

Masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut atas kegiatan pengangkutan bantuan bagi wilayah NTT dengan dua kapal Pelni ini dapat menghubungi Kantor Cabang Pelni Surabaya sebagai pelabuhan keberangkatan. Selain itu, informasi juga dapat diperoleh melalui PIC pengangkutan bantuan bencana NTT di Surabaya (Titin HP 0813-3222-3338/Tanty HP 0821-9464-6984) serta website dan akun sosial media resmi Pelni di @pelni162 maupun contact center 021-162 serta layanan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 7 x 24 jam. (ant)