Vaksin

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa biaya vaksin gotong royong dipatok Rp 500 ribu per dosis.

“Harga vaksin Rp 375 ribu per dosis dan penyuntikkan Rp 125 ribu, total Rp 500 ribu,” ujar Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/7).

Artinya, dana yang dibutuhkan sebesar Rp 1 juta per orang, karena masing-masing harus mendapatkan dua dosis vaksin covid-19.

Diketahui hingga saat ini, pemerintah telah menyiapkan 500 ribu dosis vaksin Sinopharm dari kontrak 7,5 juta. Selain Sinopharm, sambung Airlangga, vaksin gotong royong juga akan menggunakan vaksin merek Cansino yang dipersiapkan hingga 5 juta dosis.

“Tentu vaksin gotong royong ini diharapkan bisa dilaksanakan nanti akhir bulan Mei ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani sasaran utama vaksin Gotong Royong ini adalah para pelaku UMKM, dan juga para pekerja padat karya di daerah sebaran virus corona tinggi atau zona merah.

“Kami berikan kepada kombinasi antara UMKM yang mendaftar melalui kadin dan perusahaan-perusahaan,” Rosan Roeslani. (ant)