Turap

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meninjau lokasi turap longsor di Jalan Batu Sari I, RW 02 Batu Ampar, Kramat Jati, Senin (10/5). Turap sepanjang 30 meter ini longsor akibat tergerus debit air yang tinggi pada Februari dan Maret lalu.

Anwar mengatakan, turap longsor ini harus cepat diperbaiki sebelum kondisinya lebih parah lagi dan berimbas ke rumah warga yang ada di sekitar lokasi. Dia meminta Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur bergerak cepat melakukan penanganan demi keamanan dan kenyamanan warga sekitar.

“Kita antisipasi agar jangan sampai longsornya memanjang lagi. Makanya kita akan buat turap baru yang lebih kokoh dan kuat agar warga merasakan aman dan nyaman,” kata Anwar.

Kasudin SDA Jakarta Timur Santo menjelaskan, turap Kali Induk RT 13/02 Batu Ampar ini sudah dua kali longsor. Awalnya pada Februari lalu, turap longsor terjadi di sisi timur jembatan sepanjang 10 meter dengan ketinggian enam meter.

Di lokasi ini, lanjut Santo, pihaknya telah memasang dolken kayu untuk antisipasi agar tidak terjadi longsor susulan. Namun, ternyata pada Maret lalu terjadi longsor susulan di sisi barat jembatan sepanjang 20 meter dengan tinggi antara tiga hingga lima meter.

“Saat ini kita langsung lakukan perbaikan secara permanen dengan memasang batu kali, disamakan dengan turap eksisting yang ada di seberangnya,” pungkas Santo. (hop)