Kelurahan Tapos

Kastara.ID, Depok – Kecamatan Tapos sudah melakukan pelayanan kepada masyarakat di hari pertama kerja pasca libur lebaran 2022. Layanan di kecamatan kembali dioptimalkan meski belum semuanya berjalan efektif.

Camat Tapos, Abdul Mutolib mengatakan, hari pertama kerja ini, pelayanan di Kecamatan Tapos sudah mulai berjalan. Namun, untuk pelayanan pajak, baik pajak kendaraan bermotor ataupun pajak bumi dan bangunan (PBB) baru efektif di tengah pekan ini.

“Untuk pajak kendaraan bermotor dari kepolisian baru mulai kembali hari Rabu, 11 Mei 2022 dan PBB dari Bank Jawa Barat (BJB) akan secepatnya dibuka,” tuturnya di kantornya, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok (9/5).

Ia menjelaskan, untuk hari ini ada beberapa warga yang mengurus surat keterangan hak waris dan izin menikah serta layanan lain sebagainya. Sedangkan untuk pengurusan pajak, pihaknya hanya menginformasikan untuk kembali pada tengah pekan.

“Untuk itu bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris melakukan sidak ke sejumlah kelurahan dan puskesmas, termasuk Puskesmas Tapos, Kelurahan Tapos dan Kelurahan Cimpaeun guna memastikan pelayanan berjalan dengan baik,” terangnya.

Sementara Lurah Cilangkap, Teguh Santoso menambahkan, pada hari pertama kerja usai libur lebaran, pelayanan di kantornya membludak dan lebih padat dari hari-hari biasa. Sebab, pelayanan tertahan selama libur lebaran 2022.

“Sebelum melaksanakan pelayanan semua ASN dan petugas pelayanan sudah di swab antigen dan dinyatakan negatif. Setelah itu, kami sudah standby di kantor kelurahan untuk melakukan pelayanan,” ujarnya.

Lanjut Teguh, pelayanan permohonan KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dan numpang nikah menjadi pelayanan yang paling banyak. Hari ini terdapat sekitar 30 pelayanan, ini lebih dari setengahnya hari biasa.

“Untuk itu, semua ASN dan petugas pelayanan harus sudah siap dan standby di posnya masing-masing,” tutupnya. (dha)