Arus Balik

Kastara.ID, Jakarta – Memasuki H+7 Lebaran, penumpang arus balik mudik masih memadati Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Tampak sejumlah bus AKAP tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan. Para penumpang yang baru datang langsung turun di area pemberhentian bus.

Sebagian pemudik ada yang dijemput anggota keluarganya. Namun ada juga yang melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot maupun ojek.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, arus balik diprediksi akan terus terjadi sampai Kamis (12/5) nanti. Mengingat anak-anak sekolah masih dalam masa libur dan pegawai kantor pemerintahan dibolehkan bekerja dari rumah.

“Arus balik ini memang meningkat sejak H+1 Lebaran hingga 8 Mei. Sedangkan pada 9 Mei kemarin, volumenya sudah mulai turun,” ujarnya, Selasa (10/5).

Ia memaparkan, sejak 4-9 Mei kemarin, jumlah penumpang arus balik di terminal ini mencapai 42.211 orang dengan 2.536 bus. Puncak arus balik mulai terjadi pada 10 Mei dengan jumlah penumpang mencapai 9.037 orang dengan 487 bus.

“Arus balik mayoritas didominasi para pemudik dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat,” tandasnya. (hop)