Yonif RK 732/Banau

Kastara.ID, Seram – Banau Moving Library merupakan kendaraan yang khusus didesain Satgas Yonif Raider Khusus 732/Banau sebagai perpustakaan keliling untuk membantu mencerdaskan anak-anak Pulau Seram ditengah Pandemi COVID 19.

Hal itu disampaikan Dansatgas Yonif RK 732/Banau Letkol Inf Suhendar Suryaningrat dalam rilisnya di Kairatu, Seram Bagian Barat, Rabu (10/6).

Dikatakan Dansatgas, ide modifikasi Truk Angkut sebagai perpustakaan itu muncul karena keprihatinannya ketika proses belajar mengajar anak-anak Maluku ini terhambat akibat Pandemi Virus Corona.

“Selain keterbatasan sarana perpustakaan, di Kairatu ini juga mengalami kesulitan jaringan, sehingga anak-anak juga sulit mendapat akses informasi dari berita online atau internet,” ujar Suhendar.

“Apalagi tantangan diera saat ini, membutuhkan literasi tambahan dari media,” imbuhnya.

Banau Moving Library, katanya lebih lanjut, diambil dari nama satuan yang bermarkas di Jailolo. “Nama ini juga untuk lebih mendekatkan atau mengenalkan prajurit Yonif 732 yang ber-homebase di Maluku Utara,” tambah dia.

Terkait keberadaan perpustakaan, Suhendra katakan bahwa sebagai bagian warga Maluku dan Maluku Utara, dirinya berharap agar dengan adanya perpustakaan itu, bisa mendongkrak minat baca sekaligus meningkatkan pengetahuan, wawasan bahkan skill anak-anak Maluku.

Saat dihubungi, senada dengan penyampaian Dansatgas, Pasiter Satgas Letda Inf Henry Yanuar Emha mengatakan bahwa di dalam kendaraan terdiri dari satu ruangan yang memungkinkan sebagai tempat membaca dan terdapat jendela.

“Anak-anak bisa fokus membaca dan belajar karena di dalamnya tidak panas, bahkan di dalam terasa sejuk. Selain itu juga di samping kendaraan kita siapkan kursi,” ujar Henry.

“Memang di tengah Pandemi COVID 19, sengaja dekatkan, agar anak-anak dapat membaca, namun tetap menjaga jarak, supaya bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Maluku, khususnya di Pulau Seram ini,” pungkasnya. (wepe)