Kastara.ID, Depok – RW 14 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, mendapatkan bantuan sebuah aplikasi pendataan dari Dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam). Bantuan ini diberikan sebagai bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Dosen Senior Teknik Informatika Unpam, Atang Susila mengatakan, tujuan dari kegiatan untuk mengabdikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, pihaknya memberikan sebuah aplikasi Opensid yang sifatnya open source yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pendataan warga.

“Dalam aplikasi ini kita bisa melihat statistik kependudukan berdasarkan umur, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan. Bahkan bisa memantau warga yangs edang melakukan isolasi mandiri,” ujarnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (9/6).

Atanh menambahkan, selain diberikan aplikasi, warga juga mendapatkan pelatihan mengoperasikan aplikasi tersebut. Selain untuk pendataan warga, ada juga fitur berita di dalam aplikasi tersebut.

“Warga bisa memasukan foto-foto kegiatan ke dalam aplikasi dan dapat disambungkan dengan berbagai media sosial. Seperti Facebook dan Instagram,” imbuhnya.

Sementara Ketua RW 14 Bojongsari, Daud Sulaiman mengaku senang dan menyambut baik dengan adanya bantuan tersebut. Dengan adanya aplikasi ini, kata Daud, dapat membantu pihaknya dalam memantau jumlah warga dan potensi lain, baik dari warga maupun lingkungan.

“Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu kami para pengurus lingkungan, karena data yang dimiliki saat ini masih berbentuk hardcopy,” tutupnya. (dha)