Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu bertekad terus menjaga kelestarian ekosistem laut.

Kepala Suku Dinas KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengajak seluruh warga dan stakeholder untuk memperkuat kolaborasi menjaga kelestarian ekosistem laut di perairan Kepulauan Seribu.

“Kita harus melakukan aksi nyata menjaga kelestarian ekosistem dalam memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) 2021 dan peringatan Hari Segitiga Terumbu Karang Sedunia diperingati setiap 8 Juni,” ujarnya (9/6).

Menurutnya, kelestarian ekosistem laut akan terjaga jika perilaku masyarakat juga terjaga, seperti perilaku hidup bersih, tidak membuang sampah di laut, menjaga lingkungan dari abrasi melalui penanaman mangrove, menjaga terumbu karang serta menjaga keseimbangan alam dengan budi daya laut (ikan dan rumput laut).

“Ekosistem laut merupakan suatu yang berkelanjutan yang wajib kita jaga kelestariannya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terjaganya kebersihan perairan di Kepulauan Seribu dapat terlihat dari semakin banyaknya kemunculan kumpulan ikan lumba-lumba yang sering menampakkan diri di perairan antara Pulau Karya dan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

“Bertepatan dengan Hari Laut Sedunia muncul sekelompok ikan lumba-lumba jenis hidung botol yang berjumlah sekitar 30 ekor. Ini menandakan perairan kita semakin bersih dan nyaman bagi satwa laut,” tandasnya. (hop)