Kastara.ID, Mugello — Mantan pembalap MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso, telah resmi menjadi Legenda MotoGP.

Dovi dilantik ke dalam Hall of Fame di Gran Premio d’Italia Oakley, Kamis (8/6) lalu. Usai pelantikan, Dovi diresmikan langsung oleh bos Dorna, Carmelo Ezpeleta di Sirkuit Mugello.

“Senang sekali bisa bekerja sama dengan Anda selama ini. Saya memiliki ingatan khusus, dan mungkin Anda ingat, ketika Anda balapan di kelas 125cc, saya berada di Sachsenring dan Anda berada di trek, berhenti sebelum akhir trek lurus. Kami belum berbicara secara pribadi, tapi saya mengucapkan selamat kepada Anda atas hasil musim itu, dan saya langsung melihat mata Anda… penting bagi saya untuk menyadari bahwa seseorang seperti Anda sedang berpikir untuk menjadi lebih kuat, menuju musim berikutnya ke 250cc dan kemudian di MotoGP… balapan yang luar biasa dan kisah yang luar biasa. Terima kasih banyak untuk itu. Anda adalah pembalap yang hebat, tapi orang yang lebih baik lagi, hubungan kita selalu fantastis. Anda telah memberi tahu kami banyak hal dan kehadiran Anda di Komisi Keselamatan telah menjadi sesuatu yang penting bagi kami, dan saya juga ingin berterima kasih untuk itu… kehadiran Anda selalu sangat membantu. Anda telah dapat memberikan banyak ide kepada kami, dan satu-satunya hal yang dapat saya katakan adalah suatu kehormatan besar bagi saya untuk melantik Anda ke dalam Hall of Fame. Terima kasih, Andrea,” ungkap Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO Dorna Sports.

“Terima kasih banyak, senang mendengarkan apa yang dikatakan Carmelo, saya sangat bangga. Ada hasilnya, semua orang ingin menang, tapi pada akhirnya jika Anda kembali ke sini dan mendengar hal seperti itu, Anda bisa bangga. Jadi saya sangat senang dengan hubungan yang kami miliki selama ini dan saya sangat senang bisa kembali hari ini di Mugello, tempat spesial bagi pembalap Italia, dan menjadi Legenda MotoGP. Itu adalah sesuatu yang tidak saya duga dan saya sangat senang berada di samping nama-nama ini, itu sesuatu yang gila. Dan saya sangat senang melihat semua orang di sini!,” papar Dovi.

Dovi telah mengantongi total 24 kemenangan Grand Prix di semua kelas. Ada 103 podium semua kelas, Dovi adalah salah satu dari 10 pebalap yang telah mencapai 100 podium.

Dovi total menjalani 248 balapan kelas utama, berarti dia berada di urutan kedua dalam daftar pembalap dengan start kelas utama terbanyak, hanya di belakang Valentino Rossi.

Hasil terbaiknya di kelas utama adalah runner-up tiga kali pada 2017, 2018, dan 2019. Satu gelar juara dunia kelas 125cc pada 2004.

Selamat untuk Dovi yang kini resmi berstatus Legenda MotoGP. (tra)