Kastara.ID, Mugello — Pembalap Spanyol, Joan Mir memastikan dirinya mundur dari sisa Grand Prix Italia akhir pekan ini untuk Sabtu dan Ahad.

Pembalap Repsol Honda itu mengalami kecelakaan di hari pertama, yakni dalam Latihan 2 di Sirkuit Mugello. Mir terjatuh di Tikungan 1 San Donato setelah lintasan lurus panjang.

Pemeriksaan medis lebih lanjut dengan pemindaian mengungkapkan bahwa juara dunia MotoGP 2020 itu mengalami cedera pada jari kelima tangan kanannya.

“Karena sifat Sirkuit Mugello yang berkecepatan tinggi dan menuntut, Joan Mir dan tim Repsol Honda telah memutuskan untuk mundur dari sisa acara,” ungkap pernyataan tim yang dilansir Crash.net.

“Saya sangat menyesal untuk mengatakan bahwa karena crash di Latihan 2, di mana saya mengalami memar di tangan sebelah kanan saya dan mempengaruhi phalanx kelima, saya tidak akan terus berpartisipasi di GP Italia. Mugello adalah sirkuit berkecepatan tinggi dan menuntut, dan untuk keselamatan kami memutuskan untuk mundur agar bisa pulih secepat mungkin,” jelas Mir.

Cedera baru ini semakin menambah kesulitan Mir yang sangat menyedihkan untuk awal tahun 2023 ini.

Sejauh ini Mir hanya mencetak poin satu kali ketika finis kesebelas di Portugal, membuatnya hanya berada di urutan ke-21 di klasemen sementara.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Jerman pada 16-18 Juni mendatang. (tra)