Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Kamis (10/8), mengadakan kegiatan diversifikasi olahan hasil peternakan di RPTRA Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan yang mengusung bertema ‘Cegah Stunting dengan Konsumsi Produk Hewan’ ini diikuti 100 ibu-ibu.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya percepatan penurunan angka stunting. Karena itu, pihaknya bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis selaku wali data dan kader PKK.

“Jadi sasaran pesertanya ibu-ibu sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial,” katanya.

Dijelaskan Elly, para peserta diedukasi tentang pentingnya protein hewani sebagai nutrisi mengatasi stunting, serta menyusun menu yang disukai anak. Setelahnya, mereka akan dilatih mengolah makanan menu sehat.

Selain mengedukasi produk olahan peternakan, Elly menjelaskan, pihaknya memberikan bibit tanaman dan ikan bagi masyarakat secara cuma-cuma. Ke depan, Elly mengaku, akan melaksanakan kegiatan serupa ke RPTRA dan Posyandu lain.

“Kita akan libatkan kolaborator dari pihak swasta untuk membantu. Tujuan akhirnya percepatan penurunan angka stunting,” tegasnya.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Utara, Yeny Nursanti, mengapresiasi kegiatan yang juga memberikan bantuan berupa telur, susu dan produk olahan ayam ke warga.

“Saya senang sekali karena sasarannya langsung ke masyarakat. Apalagi selain paket makanan bergizi mereka juga dilatih mengolah makanan untuk menurunkan angka stunting,” tandasnya. (hop)