Kastara.ID, Jakarta – 200 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Kamis (10/8), diajak keliling Jakarta menggunakan enam armada bus Transjakarta. Kegiatan yang digagas PT Transjakarta ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan HUT ke-66 LVRI.

Acara diawali dengan upacara di area Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yang dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam pahlawan nasional. Setelah itu, mereka berangkat menuju Gedung LVRI atau Balai Sarbini, Jalan Gatot Subroto.

Di gedung ini, para veteran melakukan tasyakuran dan potong tumpeng. Perjalanan seterusnya, menyusuri Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran HI, dan Jalan Imam Bonjol. Kemudian kembali ke TMP Kalibata.

Keberangkatan anggota veteran dari TMP Kalibata dilepas Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph, didampingi Ketua DPD LVRI DKI Jakarta Marsda TNI Purn Sri Budjono dan Kepala Departemen Umum DPP LVRI Laksda TNI Purn Dauhan Syamsuri, serta Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri.

Joseph mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan Pemprov DKI kepada purnawirawan TNI-Polri yang tergabung dalam organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

“Kami mengajak Legiun Veteran berkeliling kota menggunakan bus Transjakarta yang kualitasnya sudah sangat modern, nyaman, tidak kalah dengan negara maju,” ujar Joseph.

Selain memfasilitasi para veteran jalan-jalan keliling Kota Jakarta, jelas Joseph, pihaknya juga memberikan kartu layanan Transjakarta gratis kepada anggota LVRI.

“Kita akan serahkan secara simbolis kartu layanan Transjakarta gratis kepada anggota LVRI. Agar para pejuang, purnawirawan TNI Polri, dapat melihat hasil dari perjuangan yang telah diberikannya kepada bangsa dan negara,” ujar Joseph.

Ketua DPD LVRI DKI Jakarta, Marsda TNI Purn Sri Budjono, mengucapkan terima kasih kepada PT Transjakarta yang telah berpartisipasi dan mengajak anggotanya keliling Jakarta menggunakan bus Transjakarta yang nyaman.

“Ini hal yang pertama terjadi. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada PT Transjakarta,” tandas Budiono. (hop)