Pilpres AS

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joe Biden secara resmi meminta agar 11 pejabat yang dipilih oleh pendahulunya, Presiden Donald Trump, menjadi dewan penasihat akademi militer Amerika Serikat untuk mengundurkan diri atau akan diberhentikan.

Beberapa pejabat yang diminta mundur itu di antaranya yakni mantan juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer, mantan penasihat senior presiden, Kellyanne Conway, dan eks penasihat keamanan HR McMaster.

Ketiganya saat ini masing-masing menjabat sebagai dewan penasihat Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Angkatan Darat.

“Tujuan Presiden adalah apa yang menjadi tujuan presiden mana pun, memastikan Anda memiliki calon dan orang-orang yang memenuhi syarat untuk menjabat di dewan ini, orang-orang yang selaras dengan nilai-nilai yang Anda yakini. Jadi, ya permintaan itu telah diputuskan,” kata Psaki kepada wartawan beberapa waktu lalu yang dikutip Jumat (10/9).

“Saya akan mempersilakan orang lain mengevaluasi dan berpikir apakah Kellyanne Conway dan Sean Spicer, dan lainnya memenuhi syarat, atau pengangkatan mereka tidak politis untuk menjabat dewan ini? Ini persyaratan presiden bukan pembukaan pendaftaran anggota partai Anda, mereka harus memenuhi syarat,” paparnya menambahkan.

Permintaan pengunduran diri para pejabat pilihan Trump ini berlangsung setelah Kementerian Pertahanan AS belakangan memulai kembali fungsi berbagai dewan penasihat negara. Pada Februari lalu, pemerintahan Biden juga sempat memecat ratusan orang yang ditunjuk Trump dari berbagai dewan negara lainnya.

Menurut situs Akademi Angkatan Udara AS, dewan penasihat akademi militer didirikan untuk mengawasi moral, kedisiplinan, iklim sosial, kurikulum, instruksi, pelatihan fisik, hingga metode akademik yang berkaitan dengan akademi militer negara.

Dewan akademi militer bertemu beberapa kali dalam setahun dan kerap memberikan saran serta rekomendasi independen kepada presiden.

Sementara Vought merupakan mantan direktur Kantor Manajemen dan Perencanaan Keuangan. Ia dipilih Trump menjabat sebagai salah satu dewan Akademi Angkatan Laut. “Tidak. Ini masa jabatan tiga tahun,” kata Vought melalui kicauan di Twitter.

Meaghan Mobbs, pejabat yang dipilih Trump menjadi Dewan Akademi Militer Angkatan Darat, juga menolak mundur dari jabatannya.

“Terus terang, saya melihat ini bukan sikap yang baik dan tidak menggambarkan semangat yang dijanjikan pemerintah saat ini. Presiden Biden menjalankan platform yang seharunya mendorong persatuan, tetapi tindakannya menggambarkan sebaliknya,” kata Mobbs. (har)