Wali Kota

Kastara.ID, Jakarta – Demonstrasi kelompok petani di Kota Las Margaritas, Meksiko, dilakukan dengan menculik wali kota untuk melampiaskan kemarahan atas kekecewaan tidak dipenuhinya janji kampanye.

Massa yang membawa balok kayu dan batu itu menerobos masuk ke balai kota di Las Margaritas, negara bagian Chiapas, lalu menarik keluar Wali Kota Jorge Luis Escandon (8/10) waktu setempat.

Kelompok demonstran mendorong keluar Escandon, lalu mengikat tangannya pakai tali ke belakang pikap dan menyeretnya beberapa puluh meter.

Aksi tersebut dihentikan oleh Polisi dan pegawai balai dan Escandon berhasil diselamatkan tanpa cedera berarti.

Escandon menjelaskan demonstran yang datang sekitar 50-60 orang dengan tiga pikap membawa senjata dan berusaha menculik pejabat kota untuk memeras kami dan mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti dilansir AFP.

Atas kejadian itu, wali kota mengaku akan mengajukan tuntutan atas upaya penculikan dan percobaan pembunuhan.

Perlu diketahui, kejadian ini bukan pertama kalinya petani dari Santa Rita El Invernadero melakukan protes keras. Empat bulan lalu mereka merusak balai kota, menuntut Escandon memenuhi janji yang dibuatnya selama kampanye 2018, yakni memperbaiki jalan lokal, serta menyediakan air minum dan listrik.

Wali kota dan politisi lokal di Meksiko sering menjadi sasaran geng narkoba ketika mereka menolak untuk bekerja sama atau menerima suap.

Keterangan dari Kantor Kejaksaan Agung setempat mengatakan bahwa 10 orang terluka dalam insiden itu dan 11 orang ditangkap. (yan)