Kastara.ID, Madrid – Pembalap Spanyol, Marc Marquez, dan tim pabrikan Repsol Honda, sudah memutuskan untuk berpisah setelah musim 2023 ini.

Namun kini muncul kabar mengejutkan, menyebut Marquez bersedia kembali ke Honda jika mereka berhasil membangun motor yang kompetitif.

Marquez dilaporkan mengatakan kepada bos Honda bahwa dia akan kembali ke tim setelah berpisah satu tahun jika motor mereka membaik.

Artinya, Marquez dan Repsol Honda bisa kembali bersatu lagi pada 2025, namun syaratnya Honda harus menembus lima besar klasemen akhir 2024 bersama salah satu pembalap mereka.

Hasil itu akan menjadi modal untuk meyakinkan Marquez kembali.

“Juara MotoGP enam kali itu ‘berjanji, di hadapan para petinggi Jepang, untuk kembali pada tahun 2025, selama Honda terbukti mengambil langkah maju pada tahun 2024 dan sekali lagi memiliki motor yang kompetitif, menurut El Periodico’,” seperti dilansir Crash.net.

“Marquez menyatakan dia akan kembali ke Honda ‘jika salah satu pembalap Honda finis di lima besar pada akhir klasemen berikutnya (2024)’,” tandas laporan tersebut.

Ada banyak rumor di paddock bahwa Marquez hanya menginginkan kontrak satu tahun selama 2024 dengan Ducati.

Karena itu dia tak mencapai kesepakatan dengan tim satelit Prima Pramac Racing, karena tim itu menawarinya kontrak dua tahun.

Peluang terbaiknya adalah bergabung ke tim satelit Gresini Racing, bertandem dengan adiknya, Alex Marquez selama 2024.

Marquez disebut-sebut hanya menginginkan kontrak satu tahun di Gresini, dengan tujuan mendapat kesempatan untuk pindah ke tim pabrikan pada 2025.

Marquez bisa saja mengincar tim pabrikan Ducati, KTM, atau bahkan kembali ke Honda jika mereka berhasil bangkit. (tra)