Rusunawa

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Perumnas dalam rangka pemenuhan tempat tinggal bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Jakarta.

Kolaborasi ini ditandai dengan ditambahnya hunian DP Nol Rupiah di dua lokasi hunian baru yakni Bandar Kemayoran di Jakarta Utara dan Sentraland Cengkareng di Jakarta Barat.

Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta, Sarjoko mengatakan, hunian DP Nol Rupiah yang dikerjasamakan di dua lokasi tersebut sebanyak 94 unit. Dengan rincian, 30 unit di Bandar Kemayoran dan 64 unit di Sentraland Cengkareng.

“Tipe hunian di dua lokasi ini berbeda seperti, di Bandar Kemayoran tipe satu tempat tidur atau bedroom dengan luas 27,6 meter persegi. Sedangkan di Sentraland Cengkareng tipe studio dengan luas 22,3 meter persegi,” ungkap Sarjoko, Selasa (10/11).

Sarjoko menjelaskan, sebanyak 914 pemohon telah mendaftar secara online sampai 9 November 2020 ini. Rinciannya, 430 pendaftar hunian DP Nol Rupiah di Bandar Kemayoran dan 484 pendaftar untuk hunian di Sentraland Cengkareng.

Dari 430 pendaftar hunian di Bandar Kemayoran, 386 lolos verifikasi, 72 proses bank, dan terjual 27 unit. Sedangkan dari 484 pendaftar hunian di Sentraland Cengkareng, 454 lolos verifikasi, 73 proses bank, dan terjual 22 unit.

“Pemohon dapat mendaftar secara online pada laman pendaftarandp0.jakarta.go.id. Pendaftaran dibuka sepanjang masih tersedia unit kosong,” tandas Sarjoko. (hop)