Partai Ummat

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Ketua MPR Amien Rais secara resmi mengumumkan logo Partai Ummat. Hal ini sebagai kelanjutan dari deklarasi Partai Ummat yang dilakukan Amien Rais beberapa saat lalu. Melalui video yang diunggah di kanal YouTube resminya, Selasa (10/11), Amien Rais menyatakan logo partainya bernama Perisai Tauhid.

Logo tersebut berbentuk sebuah perisai dengan sebuah bintang sudut lima. Dasar persiai berwarna hitam sedangkan bintang dan perisainya berwarna kuning keemasan. Amien menjelaskan filososi yang terdapat dalam logo tersebut. Warna hitam dan emas menurutnya diilhami dari warna kiswah atau kain penutup Ka’bah. Kiblat umat Islam yang berada di Masjidil Haram, Makkah Arab Saudi itu diketahui berwarna hitam dengan benang emas.

Pendiri PAN ini menambahkan Ka’bah terlihat anggun, mulia, dan berwibawa dengan kiswan berwarna hitam dengan benang emas. Bangunan paling suci bagi umat Islam itu menjadi kiblat kaum beriman sejak zaman Nabi Ibrahim AS.

Bintang bersudut lima menurut Amien menjadi simbol Ketuhanan Yang Maha Esa seperti yang juga terdapat pada Lambang Pancasila. Bintang sekaligus menjadi simbol kalimat tauhid yang dalam Islam disebut sebagai kalimah thayyibah yang diibaratkan sebagai syajarah thayyibah. Tauhid juga kerap diibaratkan sebagai pohon yang indah dengan akarnya merasuk ke dalam petala bumi, sedangkan cabangnya menjulang tinggi ke angkasa memberikan manfaat kepada alam sekitarnya sepanjang masa dengan izin tuhannya.

Amien Rais mengatakan, sebagian ulama menamakan kalimat Tauhid sebagai kalimatut-tahrir atau kalimat pembebasan, yakni membebaskan umat manusia dari belenggu penghambaan kepada sesama manusia menjadi penyembahan kepada Allah SWT semata. Seluruh Rasul, kata Amien, diutus Tuhan dengan membawa kitab dan neraca keadilan agar manusia dapat menegakkan keadilan. Itulah sebabnya menurut Amien, Partai Ummat mempunyai motto melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. (ant)