Transjakarta

Kastara.ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan peningkatan kapasitas, pembinaan dan pengarahan secara intensif kepada semua mitra operator dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

Hal ini merupakan salah satu bentuk nyata atas upaya perusahaan dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman digunakan oleh masyarakat, sesuai diamanahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris mengatakan, pembinaan ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan perusahaan bersama dengan seluruh mitra setiap enam bulan sekali. Namun, kegiatan ini akan diintensifkan kembali seperti kondisi sebelum pendemi yakni setiap tiga bulan sekali.

“Kita baru saja melakukan kegiatan pembinaan bersama mitra operator pekan lalu dan dihadiri oleh semua pramudi. Kita laksanakan langsung di depo dari masing-masing mitra dan alhamdulillah berjalan lancar. Ke depan kita akan lakukan setiap tiga bulan sekali,” ujarnya, Rabu (10/11).

Betris menjelaskan, semua operator bus sedang maupun besar selalu rutin menghadiri kegiatan ini, terutama para pengemudi.

Dalam proses peningkatan kapasitas dan pembinaan tersebut diberikan pedoman dan arahan terkait standar operasional prosedur pengemudi, standar pelayanan minimal dan safety driving hingga laporan kecelakaan yang perlu dilakukan pramudi agar segera bisa dilakukan tindak lanjut dengan sigap serta tepat.

“Melalui pembinaan ini pengemudi diharapkan bisa meminimalisasi serta cepat tanggap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang bertugas di lapangan,” terangnya.

Menurutnya, untuk operator bus kecil, pembinaan serupa baru saja dimulai dengan agenda pengarahan terkait standar pelayanan minimum (SPM) yang berlaku.

“Ini dilakukan agar pengemudi Mikrotrans yang menjadi first mile dan last mile dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman hingga ke titik tujuan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga seiring dengan salah satu fokus kerja dari PT Transjakarta dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Melalui pembinaan ini, diharapkan bisa semakin meningkatkan kapasitas dan memupuk kesadaran seluruh mitra operator dan para pengemudi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di segala aspek baik pelayanan, keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

“Ini merupakan bentuk konsistensi Transjakarta untuk menghadirkan layanan transportasi yang tidak hanya nyaman tetapi juga aman digunakan. Tentunya kami akan terus lakukan peningkatan kualitas pelayanan dari berbagai sisi untuk memastikan semua berjalan sesuai harapan,” tandasnya. (hop)