Gunung Semeru

Kastara.ID, Jakarta – Tenaga kesehatan (nakes) dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta melayani warga terdampak erupsi Gunung Semeru di lokasi pengungsian SMP Negeri Satu Atap Jarit, Desa Jarit, Lumajang, Jawa Timur.

Penanggung Jawab Provinsi Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dedi Warman mengatakan, hari ini ada sebanyak 15 pengungsi yang dilayani pemeriksaan kesehatannya oleh dua orang perawat dari UPT AGD.

“Kami juga memberikan diberikan obat berdasarkan hasil skrining dan keluhan. Kami banyak temukan pengungsi mengalami stres yang karena banyak pikiran dan kurang tidur. Kemudian, ada juga yang tekanan darahnya tinggi,” ujarnya (9/12).

Dedi menjelaskan, selain layanan medis nakes juga memberikan layanan nonmedis bagi para pengungsi seperti penyembuhan pascatrauma (trauma healing).

“Kita mendengarkan cerita mereka, memberikan trauma healing dan problem solving,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengerahkan sebanyak dua unit ambulans, lima perawat, dan satu pengemudi ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

Mereka bersiaga di posko pengungsian sejak pagi untuk melayani warga terdampak erupsi Semeru yang terus berdatangan. Adapun lokasi posko pengungsian sudah ditentukan sebelumnya berdasarkan hasil rapat koordinasi internal Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI. (hop)