Irwandi

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meminta agar rencana penutupan jalur perlintasan kereta api (KA) di Jalan Bungur Besar 17 RW 14, Gunung Sahari Selatan, disosialisaskan dengan baik kepada warga sekitar.

Menurut Irwandi, penutupan jalur Bungur 17 yang berdekatan dengan Stasiun KA Kemayoran ini perlu kajian yang matang agar akses masyarakat dan perekonomian warga sekitar tidak terganggu. Mengingat lokasi tersebut setiap pagi dijadikan pasar sementara oleh warga.

“Sosialisasi harus dilakukan dengan masif dan humanis. Pengurus RT, RW, LMK, FKDM perlu dilibatkan agar penyelesaian jalan ini bisa lancar,” tuturnya, saat melakukan peninjauan ke lokasi bersama jajaran PT KAI (10/1).

Irwandi berharap, ada solusi dari penutupan perlintasan KA ini. Salah satunya adalah membangun JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) agar akses ekonomi masyarakat tidak terganggu.

Sementara Kepala Daop 1 PT KAI, Suryawan menjelaskan, penutupan pintu perlintasan sebidang ditargetkan akan dilakukan pada Maret 2022.

Alasan penutupan ini terkait pengembangan di Stasiun Manggarai sehingga volume perjalanan kereta api menjadi bertambah. Langkah penutupan ini juga sebagai bentuk mengurangi kecelakaan di pintu perlintasan kereta api sebidang.

“Ini untuk menekan terjadinya kecelakaan karena frekuensi jumlah kereta yang melintas akan bertambah. Sehingga akses warga yang biasa melewati jalan ini sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun lebih,” pungkasnya. (hop)