Gerakan Masyarakat Bersih Sungai Ciliwung (Gema Bersuci)

Kastara.ID, Jakarta – Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Gerakan Masyarakat Bersih Sungai Ciliwung (Gema Bersuci) bersama Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta membersihkan sampah di aliran Kali Ciliwung.

Ketua KPC Gema Bersuci Royani mengatakan, pembersihan sampah di Kali Ciliwung sepanjang empat kilometer ini dikerjakan 30 anggota KPC Gema Bersuci bersama petugas UPK Badan Air.

“Aksi bersih-bersih aliran Kali Ciliwung kami lakukan sebagai wujud kepedulian untuk membantu petugas UPK Badan Air agar air dapat mengalir lancar ke hilir,” ujarnya (10/2).

Royani menjelaskan, aksi bersih-bersih Kali Ciliwung ini dimulai dari markas KPC Gema Bersuci di Jalan Kemuning Dalam I, RT 11/06, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan hingga ke hilir dengan menggunakan dua perahu karet.

“Aliran Kali Ciliwung harus bersih dari sampah. Kami juga konsen pada pembenahan dan penghijauan Kali Ciliwung,” kata Royani.

Menurutnya, selain membersihkan sampah di aliran Kali Ciliwung, komunitas yang telah berdiri sejak 2011 ini juga membantu mengevakuasi warga terdampak banjir di RT 05/08, Pejaten Timur, Pasar Minggu, beberapa waktu lalu.

“Untuk menghijaukan bantaran Kali Ciliwung, kita juga melakukan penanaman pohon,” tandasnya. (hop)