Gunung Anak Krakatau

Kastara.ID, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menegaskan bahwa suara dentuman yang terdengar dini hari tadi di Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, di Jakarta, Sabtu (11/4).

Letusan Gunung Anak Krakatau kali ini, menurutnya, relatif kecil sehingga tidak terdengar bunyi dentuman yang berasal dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam.

“Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” jelas Hendra.

Sebelumnya, terdengar suara dentuman di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, Tangerang hingga Kabupaten Bogor. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB. Bahkan redaksi Kastara.ID sudah mendengarnya sejak pukul 21.30 WIB.

Sementara seorang warga Tangerang mengatakan, suara dentuman terdengar beberapa kali seperti tembok yang digedor—gedor di rumahnya. (ant)