Jakarta Creative Zone by JXB merupakan sebuah zona kreatif yang ditujukan untuk masyarakat, baik turis, pengguna KRL, pesepeda maupun pejalan kaki di Jakarta. Zona ini akan mewadahi berbagai aktivitas kreatif dan seni.

Zona kreatif ini juga memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk hadir di salah satu pusat keramaian, sehingga mendorong kebangkitan perekonomian khususnya industri kuliner dan ekonomi kreatif.

Direktur Utama Jakarta Experience Board (PT Jakarta Tourisindo), Novita Dewi mengatakan, pada tahap pertama Jakarta Creative Zone by JXB Edisi Riverview ini telah terbangun sepanjang 150 meter. Dia menyampaikan, JXB akan melanjutkan pembangunan ke fase kedua sejauh 600 meter ke arah Stasiun Karet.

“Nantinya workshop seni dan kreatif akan diadakan dengan rutin setiap minggu,” ungkap Novita.

Novita menjelaskan, dalam upaya menuju Jakarta Kota Global JXB sebagai BUMD yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan turut hadir memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, sudah terbangun dua Jakarta Creative Zone by JXB yaitu Riverview di belakang Stasiun BNI City, serta di Taman Dukuh Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Novita menyampaikan, JXB juga akan meluncurkan Jakarta Creative Zone Edisi Buy Local, sebuah zona kreatif yang dilengkapi dengan informasi pariwisata Jakarta dan penjualan suvenir khas Jakarta.

Ke depannya, JXB berencana untuk membangun lebih banyak zona kreatif di berbagai lokasi di Jakarta. Diharapkan, hadirnya Jakarta Creative Zone by JXB dapat berkontribusi pada citra Jakarta sebagai kota global yang modern, kreatif, dan inklusif.

“Semoga fasilitas ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta dan menjadi urban ikon baru di tengah kota,” ucap Novita.

Novita menyampaikan, hadirnya Jakarta Creative Zone by JXB merupakan sinergi yang terjalin dan dukungan dari berbagai pihak yakni, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan para stakehoders maupun kolaborator yang memiliki kesamaan visi misi untuk mengoptimalisasi ruang publik.

Novita menambahkan, hadirnya Jakarta Creative Zone by JXB juga menjadi persembahan menjelang HUT ke-496 Kota Jakarta.

“Sejalan dengan tema yang diusung Jadi Karya untuk Nusantara, diharapkan zona kreatif ini menjadi bentuk optimalisasi lahan yang ada untuk berkontribusi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, yang nyaman dengan kotanya,” tandas Novita.

Untuk diketahui, Jakarta Creative Zone by JXB Edisi Riverview dilengkapi area duduk dan berkumpul dengan harapan fasilitas ini dapat menjadi ruang interaksi bagi komunitas maupun masyarakat umum untuk memeriahkan suasana kota menghidupkan Jakarta melalui gagasan-gagasan baru, sembari menikmati indahnya sunset di pinggir sungai.

Riverview dilengkapi dengan fasilitas publik berupa bike lounge dan smart glass toilet yang kacanya akan buram ketika digunakan. Pembangunan smart glass toilet ini berangkat dari kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas sanitasi yang bersih, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat maupun wisatawan. (hop)