Kastara.ID, Mugello — Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder meminta maaf karena menyenggol pembalap satelit Gresini Racing, Alex Marquez, hingga terjatuh.

Insiden tersebut terjadi di lap pembuka Tikungan pertama selepas start dalam Sprint Race MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, kemarin (10/6).

Binder menegaskan bahwa dia hanya mempertahankan racing line-nya, tanpa ada niat merusak balapan pembalap lain.

“Saya melakukan start yang sangat bagus dan berada di tikungan 1. Saya merasakan sedikit benturan di sayap luar – dan hanya itu,” ungkap Binder usai Sprint Race yang dilansir Speedweek.com.

“Ketika saya melihat videonya, sepertinya Alex masuk agak dalam dan kemudian kembali – saya bertahan di racing line saya saat itu karena ada pembalap di sisi dalam saya juga. Penalti itu mungkin merupakan keputusan tergesa-gesa oleh para steward,” jelas Binder.

Binder dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman Long Lap Penalty beberapa lap kemudian.

Binder meminta maaf kepad Alex atas insiden tersebut, tapi menegaskan dia tak melakukan apa-apa.

“Sayangnya itu terjadi, saya benar-benar minta maaf untuk Alex, tapi saya hanya mempertahankan racing line saya, saya tidak melakukan apa-apa,” tandasnya.

“Sebagai aturan umum, saya tidak pernah ingin merusak balapan pembalap lain. Race Direction melihatnya secara berbeda. Bagi saya itu kesalahan penilaian, tapi itulah balapan. Hari ini saya merasa seperti poin diambil dari saya,” ungkapnya.

Binder sadar bahwa dia memiliki kecepatan yang baik, hanya saja penalti membuatnya kehilangan banyak posisi.

“Saya tidak lambat, tapi itulah yang paling membuat saya frustrasi. Saya melihat Johann Zarco di depan saya, saya bisa mengejarnya satu lap kemudian. Saya menyia-nyiakan begitu banyak waktu untuk Long Lap Penalty, sayang sekali. Tapi besok adalah balapan yang panjang; kami pasti bisa meningkat untuk hari Ahad,” cetusnya. (tra)