Kastara.ID, Jakarta – Baru-baru ini, GWM menggelar ajang “Technology Festival” Ke-8 di kantor pusatnya di Baoding. Dalam sesi pembukaan acara, Chairman, GWM, menekankan bahwa smart car dengan energi bersih akan menjadi tren baru dalam pengembangan mobil pada masa depan. Untuk itu, GWM ingin berinvestasi RMB 100 miliar dalam litbang NEVS dan smart vehicle pada lima tahun ke depan. Dengan demikian, GWM akan menawarkan lebih banyak produk yang ramah lingkungan, berteknologi cerdas, dan lebih aman bagi pengguna global.

Menurut laporan resmi, di sektor energi baru, baterai “Dayu” yang baru dilansir GWM mengurangi risiko kebakaran dan ledakan ketika sel baterai dari beragam sistem kimia mengakibatkan thermal runaway. Hal ini mengatasi kekhawatiran pengguna tentang aspek keselamatan mobil listrik. Di bidang tenaga hibrida (hybrid power), platform “L.E.M.O.N. hybrid DHT” yang pertama di dunia telah diluncurkan GWM. Platform ini mengalihkan pemakaian BBM-ke-tenaga listrik berdasarkan scene intelligence.

Hasilnya, tingkat efisiensi BBM dapat menembus 50% dalam kondisi penggunaan mobil di wilayah perkotaan. Semakin kencang kecepatan mobil di jalan raya, semakin baik pula tingkat efisiensi BBM mobil. Di sektor energi hidrogen, GWM telah mengembangkan cathode air cleaner dengan empat elemen penyaring udara, termasuk penyaring dengan karbon dan serat sintetis yang melindungi sel bahan bakar. Perangkat ini memperpanjang usia pakai sistem bahan bakar. Sementara, sistem pengelolaan hidrogen yang dikembangkan GWM secara aktif memantau aspek keamanan sistem demi menjaga mobil dan pengguna sekaligus mengoptimalkan struktur katup dan jalur pipa pada sistem penyimpanan hidrogen.

GWM juga memutakhirkan “COFIS Intelligence” versi 1.0 menjadi 2.0. Versi terbaru ini menggunakan arsitektur elektronika dan kelistrikan terbaru GEEP, serta sasis yang dikendalikan kabel dengan transmisi otomatis L4. Sistem ini meningkatkan integrasi dan memperbarui fitur-fitur intelligent cockpitintelligent driving, serta intelligent services. Sederet fitur ini membuat mobil GWM sebagai terminal smart travel yang menyediakan berbagai layanan dalam 40 lebih skenario penggunaan.

Misalnya, posisi kemudi pada intelligent cockpit GWM iNest 2.0 dapat diubah ke sisi kiri, tengah, atau kanan sesuai dengan dasbor, sedangkan, kursi mobil juga bisa berputar 360 derajat sehingga mendukung aktivitas pertemuan di dalam mobil kapan pun dibutuhkan. GWM pun menyediakan sistem inovatif in-car collagen beauty untuk perawatan kulit. Di sisi lain, generator oksigen yang terpasang pada mobil dapat memenuhi kebutuhan oksigen baik bagi penggunaan rumahan atau medis. Interkoneksi GWM IOT turut mendukung interkoneksi mobil-rumah, mengendalikan perangkat rumah berteknologi cerdas dengan suara, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan mobil menjadi lebih canggih.

GWM selalu menjalankan konsep litbang dengan “investasi besar-besaran dan litbang cermat”. Hingga kini, GWM telah memiliki lebih dari 10.000 paten teknik. Lebih lagi, GWM giat merekrut bakat-bakat litbang dan telah membentuk tim yang terdiri atas para pakar dari beragam bidang. Mereka berasal dari banyak negara. GWM didukung hampir 15.000 staf litbang.

Dengan investasi litbang senilai RMB 100 miliar, GWM akan merekrut lebih banyak bakat global, terus memperkuat keunggulannya di sektor energi baru dan teknologi cerdas, serta mewujudkan Strategi GWM 2025 demi pembangunan “ramah lingkungan, berteknologi cerdas, terbaru, dan kolektif.” (sla)