GOPAC

Kastara.id, Jakarta – Sejalan dengan pelaksanaan Agenda 2030 yang inklusif, transparan, dan akuntabel, Global Organization of Parliaments Against Corruption (GOPAC) mendorong semua pihak untuk bersatu melawan korupsi. Sebab pemberantasan korupsi harus dilakukan secara sistematis, mulai dari pencegahan hingga penindakan.

Karenanya, parlemen memiliki andil besar dalam memberantas korupsi. “Yang jelas kita punya komitmen bahwa parlemen turut memiliki andil besar dalam memberantas korupsi karena harus sistematis, mulai dari pencegahan penindakan melalui perannya dalam legislasi, pengawasan, dan penganggaran,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon selaku Presiden GOPAC, Senin (11/9).

Fadli menjelaskan, optimalisasi ketiga fungsi parlemen yaitu legislasi, pengawasan dan kontrol anggaran sangat vital bagi parlemen dalam melawan korupsi. Sisi lain, pemberantasan korupsi menjadi syarat penting dalam tercapainya Agenda 2030 pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Fadli juga menekankan pentingnya kerja sama antarparlemen untuk membuat pemberantasan korupsi semakin efektif. Menurutnya, tanpa kerja sama dari seluruh pihak, termasuk parlemen dunia, maka pembangunan inklusif akan sulit terwujudkan.

“Kerja sama parlemen akan mempercepat agenda pemberantasan korupsi yang menjadi target SDGs,” kata Fadli. (npm)