UAS

Kastara.ID, Yogyakarta – Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Fathul Wahid mengatakan, pihaknya berencana mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) ke kampusnya. UAS direncanakan bakal mengisi seminar moderasi Islam dengan teman “Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan”, Sabtu (12/10). Fathul menyebut hal itu sebagai ikhtiar UII dalam merawat dan menjaga majelis ilmu.

Saat berbicara pada Jumat (11/10), Fathul menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim manajemen UAS. Fathul yang juga akan menyampaikan pengantar pada acara yang akan dilaksanakan di Masjid Ulil Albab, Kompleks Kampus UII, di Jalan Kaliurang KM 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya beredar selebaran yang menyebut UAS akan hadir di Kampus UII. Dekan Fakultas Hukum UII Abdul Jamil mengatakan, pihaknya hanya menfasilitasi kedatangan UAS yang kabarnya ditolak oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Terlebih menurut Jamil, UII sudah lama menanti kedatangan UAS guna berceramah di masjid kampus termegah di Indonesia itu.

Rencana kehadiran UAS di UII ini terkesan bertolak belakang dengan sikap UGM yang secara resmi membatalkan rencana kedatangan UAS. Sebenarnya, ustadz asal Pekanbaru, Riau, itu dijadwalkan memberikan kuliah umum di Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10). Namun acara tersebut tiba-tiba dibatalkan oleh pihak kampus UGM.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani mengatakan, perintah pembatalan datang langsung dari Rektor UGM Panut Mulyono. Iva menjelaskan, pimpinan kampus telah mempertimbangkan berbagai hal, termasuk adanya pro kontra terhadap kehadiran UAS. Selain itu, menurut Iva, pembatalan juga demi menjaga keselarasan kegiatan akademik–non akademik, serta menjaga jati diri UGM. (hop)