Longsor

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengerahkan 100 personel untuk melakukan penanganan tanah longsor di RT 04/02 di Jalan Damai, Ciganjur, Jagakarsa, Ahad (11/10).

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, penambahan petugas yang semula 20 orang menjadi 100 orang dikarenakan pengangkutan puing-puing reruntuhan harus dilakukan secara manual.

“Karena alat berat kami terkendala akses ke lokasi longsor, maka pengangkutan puing secara manual. Kami juga dibantu TNI yang akan mengirim dua peleton untuk pengangkatan puing-puing,” ungkap Juaini saat meninjau lokasi.

Pantauan di lokasi, 100 petugas Dinas SDA dibantu puluhan satgas dari SKPD terkait dan warga mengangkut tanah bercampur puing yang menimpa rumah di bawahnya dan menutupi aliran Kali Situ.

Sedangkan tiga unit alat berat ekskavator spider R65 dioperasikan untuk mengangkut puing dari perumahan yang berada tepat di atas lokasi terjadinya longsor.

Juaini menjelaskan, karena titik lokasi longsor berada di sebuah kawasan perumahan maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pengembang perumahan untuk perbaikan maupun upaya penanganan selanjutnya.

Juaini menambahkan, apabila pengembang akan membangun turap baru Dinas SDA akan membantu dalam hal rekomendasi teknisnya.

“Karena memang ini ranahnya pengembang jadi lebih besar tanggung jawabnya di sini. Untuk lokasi rawan mungkin ada rumah yang harus kena bongkar untuk pengamanan kita kerja juga ke depannya,” tandas Juaini. (hop)