Menpan RB

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengakui telah menyebarkan foto hoaks atau berita bohong soal jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Jawa Barat.

Melalui cuitan di akun twitternya @tjahjo_kumolo (10/10), Tjahjo menyatakan ternyata foto yang diunggahnya tidak benar. Pasalnya foto tersebut bukanlah Tol Cisumdawu yang terdapat di Jawa Barat. Dalam cuitannya, Tjahjo menulis, “Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya.”

Sebelumnya melalui akun twitter yang sama, politisi PDIP ini mengunggah foto, sebuah ruas jalan tol yang berada di wilayah perbukitan. Tjahjo menyebut foto itu adalah Tol Cisumdawu yang membelah gunung. Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu menambahkan keterangan, jalan tol tersebut menuai waktu perjalanan Bandung-Tegal menjadi hanya 2 jam. Padahal sebelumnya sekitar 7 jam. Itu pun jika kondisi jalan lancar.

Tjahjo juga menambahkan, waktu perjalanan Bandung-Semarang melalui jalan tol tersebut sekitar 3,5 jam. Saat ini unggahan tersebut sudah dihapus dari akun twitter milik Tjahjo Kumolo.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) foto itu bukanlah Tol Cisumdawu, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki. Foto tersebut sudah pernah beredar di media sosial medsos pada 2019. (ant)