Hari Nugroho

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan melakukan revitalisasi tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman pada akhir November 2019. Ketiga JPO tersebut yakni JPO Bendungan Hilir (Benhil), JPO Karet Sudirman, dan JPO Dukuh Atas.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, secara khusus ketiga JPO tersebut akan didesain tanpa atap. JPO yang menghubungkan antar trotoar akan dibuat terbuka atau tanpa atap, sedangkan jembatan penghubung ke halte Transjakarta di JPO yang sama tetap akan dilengkapi atap.

“JPO trotoar ke trotoar itu terbuka, tapi untuk area pejalan kaki mau ke halte Transjakarta itu tertutup. Kalau terbuka kemudian terjadi antrean saat hujan atau panas terik tentu bisa mengurangi kenyamanan,” ujarnya, Senin (11/11).

Hari menjelaskan, ketiga JPO itu akan didesain dengan nuansa modern dan menarik. Kemudian, di bagian pinggir JPO akan ditanam bougenville. “JPO akan dilengkapi lift. Revitalisasi JPO menggunakan anggaran dari kompensasi Koefisien Lantai Bangunan (KLB),” terangnya.

Ia menambahkan, khusus JPO Karet Sudirman akan dibenahi kontruksinya dan akan diperlebar menjadi lima meter. “Kami menargetkan revitalisasi seluruh JPO itu rampung paling lambat Maret 2020,” tandasnya. (hop)