Waduk Rawa Malang

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara saat ini mulai mengerjakan pembangunan Waduk Rawa Malang di wilayah RW 10, Semper Timur, Cilincing. Pembangunan waduk tersebut dikerjakan di lahan seluas 7,8 hektare milik Dinas SDA DKI Jakarta.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Cilincing, Cahyono Budi Setiawan mengatakan, sebagai tahap awal, pembangunan waduk dikerjakan dengan pembuatan DAM batas waduk. Nantinya waduk ini direncanakan memiliki bentuk seperti sepatu.

“Rencananya pengerjaan rampung dalam 1,5 bulan. Kemungkinan Desember nanti sudah terbentuk,” ujarnya (10/11).

Cahyo menjelaskan, pembuatan Waduk Rawa Malang bertujuan untuk mengatasi genangan di kawasan sekitar saat musim penghujan. Waduk tersebut rencananya dibangun dengan kedalaman sekitar lima meter dengan tinggi DAM sekitar 1,5 meter.

Selain menjadi sistem pengendali banjir, keberadaan waduk juga berfungsi sebagai tampungan air untuk meningkatkan sumber air tanah di kawasan sekitar. Kemudian, waduk juga dirancang menjadi salah satu spot ekowisata di Jakarta Utara.

“Masyarakat bisa berwisata, olahraga dan aktivitas lainnya. Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat Hutan Kota Rawa Malang. Jadi fasilitasnya semakin lengkap,” tandasnya. (hop)