Kastara.id, Jakarta – Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah mengusulkan penguatan kelembagaan, struktur Sekretariat Jenderal Bawaslu RI, dan Sekretariat Bawaslu provinsi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. “Kami berharap agar tingkatan eselon kesekretariatan Bawaslu RI maupun di provinsi disetarakan dengan KPU,” ujar Nasrullah di kantornya, Minggu (11/12).

Nasrullah menegaskan, kesekretariatan Bawaslu provinsi masih dalam posisi 3A, dan setara dengan KPU Kabupaten/Kota. “Kami juga mengusulkan pengawas pemilu di tingkat kabupaten/kota yang sekarang ini masih bersifat ad hoc atau sementara dapat ditingkatkan menjadi permanen,” katanya.

Menurut Nasrullah, Panwaslu kabupaten/kota yang permanen ini sangat penting, karena akan berpengaruh dalam menjalankan tugasnya. “Kami tidak ingin karena posisi Panwas kabupaten/kota masih ad hoc, sehingga tidak maksimal dalam menyelesaikan sengketa yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan Bawaslu semakin dipandang, dan dipercayai oleh pemerintah maupun masyarakat sehingga harus bisa membuktikan. “Supaya lembaga ini tetap eksis mengawal demokrasi, maka yang harus dibangun adalah sistem yang baik dan optimal. Semua yang ada di lembaga ini harus berkomitmen membangun lembaga ini lebih baik. Kita jaga harapan publik yang sangat besar terhadap lembaga ini,” katanya. (raf)