MotoGP

Kastara.ID, Jakarta – Dorna Sports sedianya telah merilis jadwal sebanyak 20 balapan di sepanjang musim MotoGP 2021 mendatang. Namun kini satu seri dinyatakan mundur, karena masalah lintasan yang tak sanggup direnovasi.

Ya, MotoGP Ceko harus keluar dari kalender dan keputusan berat ini akibat mereka tak sanggup merenovasi lintasan Sirkuit Brno dengan perkiraan biaya hingga 4 juta euro.

Dana sebesar itu diakui Wali Kota Brno Marketa Vankova sulit untuk tersedia, karena pihak pemerintah sudah menyalurkan dana yang tak sedikit untuk penanganan pandemi Covid-19.

Karena itu, tiga seri cadangan siap menjadi pengganti, ada Portugal, Rusia, dan Indonesia.

Hal ini bisa membuka peluang Indonesia untuk menjadi pengganti jika sirkuit Mandalika sudah rampung sesuai dengan jadwal.

Saat ini sirkuit jalan raya di Lombok Tengah itu sedang dalam proses pembangunan dan ditargetkan selesai Juli 2021 yang akan datang.

Tentu ini akan menjadi tantangan berat, walau peluang semakin lebar tapi persaingan dengan Rusia dan Portugal juga tak boleh diabaikan.

Apalagi sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Igora di Rusia jauh lebih siap dari Mandalika, karena siap pakai untuk balapan.

Alasan lain juga soal jarak tempuh untuk logistik. Bahkan, jarak Sirkuit Igora dengan Sirkuit Kymiring tempat berlangsungnya MotoGP Finlandia yang digelar sebelum jadwal kosong MotoGP Ceko hanya 264 kilometer.

Meski demikian, jelas masih ada perubahan lain di kalender nantinya yang memungkinkan Indonesia menggelar balapan tetap ada.

Yang terpenting adalah sirkuit selesai tepat waktu, dan harus sudah siap digunakan sebelum musim berakhir. (tra)