BBPOM Jakarta menggelar pameran dalam rangkaian kegiatan Raimuna dan Jambore Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta 2023 yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 10 Desember di Bumi Perkemahan Cibubur.

Kegiatan ini tentunya menjadi momentum bagi BBPOM di Jakarta dalam meningkatkan kolaborasi dengan Gerakan Pramuka DKI Jakarta melalui Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) di wilayah DKI Jakarta.

Kepala BBPOM Jakarta, Sofiyani Chandrawti Anwar mengatakan, SAKA POM dikukuhkan sebagai SAKA Nasional pada Munas Gerakan Pramuka XI di Banda Aceh pada 2-4 Desember 2023.

SAKA POM adalah  wadah kegiatan khusus dalam bidang pengawasan Obat dan Makanan, merupakan sarana dan wahana dalam memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang pengawasan Obat dan Makanan.

“Gerakan Pramuka turut berkontribusi dalam pengawasan Obat dan Makanan melalui SAKA POM. Kolaborasi BPOM dan Pramuka diharapkan dapat memperkuat pengawasan Obat dan Makanan,” ujar Sofi dalam keterangan tertulis, Senin (11/12).

Pada Jambore dan Raimuna Daerah DKI Jakarta, lanjut Sofi, BBPOM di Jakarta menggelar pameran edukasi Obat dan Makanan kepada anggota pramuka penggalang, penegak dan pandega serta memberikan sosialisasi  SAKA POM dengan tiga Krida yaitu Informasi Obat dan Makanan, Pengujian Sederhana Obat dan Makanan serta Pemantauan Obat dan Makanan.

“Melalui SAKA POM diharapkan anggota Pramuka aktif berkontribusi meningkatkan pengawasan obat dan makanan yang efektif dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, dengan teredukasinya anggota pramuka sehingga dapat berperan sebagai agent of change dalam penyebaran informasi dan pengawasan keamanan dan mutu obat dan makanan.

”Dan tentunya akan semakin meningkatkan kolaborasi, sinergi serta mengefektifkan pengawasan obat dan makanan melalui kemitraan dengan organisasi Pramuka,” tandasnya. (hop)